Sunday, February 11, 2007
posted by chie at Sunday, February 11, 2007

Intermezzo….

It’s all about baru :)
Tahun baru aku merasa sedang memulai hidup baru dengan semangat baru. Segalanya serba baru buat aku. Lingkungan baru, tempat tinggal baru (dari kos menjadi asrama), teman2 baru, pekerjaan baru, sampai ilmu2 baru yang dengan penuh semangat serba baru ingin kuserapp (deuh.. lagi semangat dong jadinya ngomong gitu :p).
Aku memang sedang butuh titik tolak untuk membenahi hidupku lagi. Sempat merasa berantakan. Alhamdulillah banget Allah masih sayang bgt ma aku…. Masih kasi kesempatan untuk aku coba jadi lebih baik lagi…
15 januari aku diantar keluargaku yang jauh2 datang dari Pontianak, ke asrama. Senang bisa melihat senyum bangga di wajah kedua orangtuaku. Meski ini tidaklah seberapa dibandingkan semua yang udah mereka kasi ke aku. Tapi ini benar2 berharga buat aku…. Bener deh… ;)

Week 1….

Classroom, mengenal lebih dalam tentang perusahaan baruku. Setiap hari selama seminggu, datang-duduk-dengar-diem-ngantuk deh hehe.

Week 2 ….

Niy dia unforgettable moment. Senin pagi2 jam 6 kita dah diangkut rame2 ke Cigombong, Bogor. Akan ada Bimbingan Mental dan Prilaku di Sekolah Polisi Negara (SPN) Lido. Wew, judulnya aja dah bikin kita2 ngebayangan yang iya-iya…
Sampe di SPN kita disambut olah spanduk gede bertuliskan “Dilarang Dongkol dan Mengeluh”. Makin deh perasaan gak enak.
Turun dari bis kita langsung dibarisin. Jadi inget jaman ospek pas kuliah aja. Sudaah pasrah sajaaahhh,,,,
Trus kita2 disuruh masuk ke ruangan setelah pembagian baju seragam, disuruh ganti baju. Ya Allah meni ribet pisan ituh baju. Ikat pinggang ampe double2. Satunya buat ngepasin. Satunya lagi buat aksesoris ala polisi. Dan sepatu botnya?? Beraaat maaamaaa….
Dan dengan sepatu berat itu, mobilitas harus cepat. Ups “Dilarang Dongkol dan Mengeluh”..hyiukk…
Disana itu isinya ya upacara, baris, lari-lari, dan yang paling seru tidur di baraknya ituh. Aku sampe seranjang ma temenku. Secara kebagian kasur diatas. Takuut jatohh huhu *Manja kamooh!
Owiyah mandi dan makannya juga seru. Yang jelas emang manja aka mandi jarang. Secara airnya itu kotor bgt, isinya rayap yang mati kecebur. Yasuww daripada gak mandi akhirnya setiap ngambil air, rayap2nya digeser2 pake gayung. Wajar tohh klo mandi jarang???
Trus setiap sebelum makan kita selalu upacara. Mau dikasi materi juga upacara. Mau belajar nembak upacara dulu. Mau halang rintang tak lupa upacara. Pokonya selalu ada upacara di sela2 pergantian aktivitas. Senangnyaaa *Dongkol dan Mengeluh mode Off*.
Belajar nembaknya seruuuu. Tapi telinganya gak ditutup, jadi berdenging bgt setiap kali rekan di sebelah kita nembak. Bikin kita yang harus nembak juga jadi grogi. Secara pelurunya beneran, huhu takut aja salah tembak, atau malah mencelakakan diri sendiri. Aku pas ngangkat pistolnya gemeteran, trus pas ngepasin bidikannya gemeteran, pas mo nembak, eh orang sebelah dah nembak duluan, kaget dong pastinya –suara tembakannya itu kenceng bgt-- dan makin gemeteran. Padahal ketika kita ambil keputusan untuk menembak harus tenang dan gak panic supaya kena sasaran, bukan asal ngelepas tembakan aja. Katanya itu salah satu cara untuk melatih dan mengendalikan emosi kita, terutama ketika nanti di dunia kerja kita harus mengambil keputusan di bawah tekanan. Tapi lumayan juga dari 5 peluru, aku masuk sasaran 2 *dari awal dah gak pede, malah nargetin satu doang….
Trus klo waktunya makan, menuju ruang makan kita lari2 dulu. Biar makannya banyak kali yaa. Trus di kursi aja pake baris, duduk siap duduk istirahat sagala. Dan abis doa kita semua teriak “Selamat makaaannn!!!”. Pada lahap bgt makannya, akyu jugak , laperrrr boo’ abis lari2.
Dan inilah suasana ketika selesai makan…


Yang manakah saya?? Sudahlah tak penting hehe…
Owiyah ini sih diambilnya udah mo hari2 terakhir, pas agak nyantai. Boleh potoh-potoh beybeh…
Disana peserta dikelompokkin atas nama pleton. Dan ini adalah temen2ku se-pleton. Karena senasib sepenanggunggan, kita jadi deket n solid bgt. Really miss that together moment guys *inc gurls….

3 hari di SPN, hari ke-4 kita menuju Situgunung, Sukabumi untuk Outbound. Dan sedihnya pleton dibaur dan dipecah jadi kelompok lain lagi. Huhu my pakde –this is my pleton’s name. Pleton empat D,,, klo diteriakin bareng kedengaran seperti Pakde--, kupikir aku bakal bisa terus seru2an ma kalian. Ternyata,, ya memang harus terus adaptasi ke semua 400-an anak BPS. Yep harus! They are my partner wannabe right?

Alhamdulillah di Situgunung berasa piknik ajeh. Dateng2 dah ada tenda2 kecil berjejeran menuhin lokasi camp. Satu tenda diisi 2 orang. Trus kita tidur pake sleeping-bag. Trus klo sakit ada dokter. Trus makannya pake prasmanan. Trus ada psikolognya juga. Trus gada tuh bentakan2. Trus isinya games kelompok. Setiap abis games dievaluasi ma Psikolog. Refreshing doloooo…. Sebelum 2 hari kemudian balik lagi ke SPN Lido *ahak ahak…

Games yang dimainin diantaranya Trust Fall. Yang dapat giliran harus naik ke atas panggung buatan *sebut saja begitu* trus ngejatuhin diri ke belakang kayak yang dikonser2 metal itu lowww. Kelihatannya gampang, tapi ternyataa,, aku gemetaran bgt. Nyoba ampe 3x tetep aja refleks jatuhku gak lurus, lututku selalu nekuk, tapi lumayan yang terakhir badanku lebih lurus. Katanya ini refleksi dari percaya atau tidak percayanya kita sama teman2 kita –aka partner wannabe-- yang bakal nangkap di bawah. Susah bgt bo’, aku dah ngebayangin di bawah ada kasur teteup gak bisa. Trus disuruh ngebayangin yang nangkep dibawah ada Brad Pit nya makin gak bisa. Malah grogi dong bo’,,,hyiukk…
Tapi bukannya aku gak percaya loh,,, emang deg2an gak karuan aja rasanya pas pertama kali –OOT : pas balik ke asrama, aku coba trust fall di atas kasur, tetep aja awal2nya lutut refleks nekuk, meski lama2 bisa lurus. Nah masa gak percaya kasur toh? Menurutku nih ya, itu cuma gerakan refleks aja kok, bukan tentang percaya atau tidak percaya *pembelaan diri mode ON--.
Games-nya macem2 n seru2, bener2 bisa narik pelajaran dari games2 itu. Secara setiap abis games, langsung dibahas aplikasinya ke dunia nyata aka dunia kerja sama psikolognya.
Game terakhir business games : membuat rakit. Di game ini kita beneran mendesign rakit, membuat proposal permintaan dan penawaran, nawarin ke kelompok2 lain design punya kita, dan terakhir beneran ngebuat rakit dari ban dan bamboo, sesuai permintaan client. Trus kita awalnya ngumpulin modal dulu dari games2 yang ada. Kelompokku modalnya paling gede dong means score gamesnya paling gede. Tapi sayangnya kita kalah tender. Rakit yang kita suka, dah dipesan duluan ma kelompok lain. Walhasil, kita harus beli rakit lain yang harganya muahhaaalll tenan. Setiap rakit pasti terbeli, tinggal cepet2an aja milih rakitnya. Dan kita kalah rebutannya…. *sigh
Pas rakitnya dah jadi semua, rakit diturunin ke danau situgunung, trus dilombain deh. Yang ngedayung perwakilan aja. Seru teuing euy ngeliatnya…

2 hari berlalu, saatnya harus kembali ke SPN Lido, artinya ketemu lagi ma Pakde-ku. Dan 1 hari kemudian balik ke Jakarta. Di SPN udah gak seketat hari sebelumnya. Pak Polisi mo ninggalin kesan baik ke kita2 kali yak. Hari terakhir merasakan tidur di barak dan mandi bersama almarhum rayap. Owiyah, pas ketemu Pakde, suasana haru-biru gitu berasa gak jumpa sewindu *Hiperbolik deng hehe… Dan tak lupa pastinya kitah potoh-potoh….

Lihat… tak satupun dari kita yang terlihat dongkol ataupun bimbang. Always happy Pakde…. ^_^

Labels:

 
10 Comments:


At 8:48 AM, Blogger : bunda dhia :

akyu juga pernah ikutan game ngejatuhin diri dari panggung itu ci.. daaann.. kakiku selalu nekuk, hihi...

Tapi bener bgt deh, itu krn ngerasa belom percaya dan safe sama temen2 di bawah yang nangkep kita waktu jatoh..

Btw nice to know that you're happy there :)

 

At 9:45 AM, Blogger Imansyah

tahun baru!?!?
kmana aja neng!?
xixi.. :p

 

At 10:45 AM, Anonymous Anonymous

Selamat yah Chi!!
Tuh bener kan, emang kudu ada perwakilannya dari IF 2000 di BUMN tersebut.

oia, jadi home based nya di mana neh chie??

 

At 7:36 PM, Anonymous Anonymous

Duh senengnya denger cici dah di BUMN...heuhuehue..Selamat ya..
Traktirannya kapan? :D

 

At 11:14 AM, Blogger Ni'am

wakakakak...bener tebakan misua-ku. kayanya orang-orang yang lolos seleksi bakal di ospek lagi.

gpp laah.....mengulang kenangan indah masa lalu begitu

 

At 8:34 AM, Anonymous Anonymous

Mbak Cici selamet yeeehhh..
kapan nih BBM turun?? heuheuheu *pesimis*

 

At 10:08 AM, Blogger Er Maya

belom telat kan yah ngucapin congrats buat chie tersayang..selamat dan sukses di tempat baru yah! :)

 

At 11:32 AM, Blogger chie

This comment has been removed by the author.

 

At 11:35 AM, Blogger chie

@maya : ku gak bisa comment di tempatmu, dan sudah gada shoutbox kah?? ato browser di tempatku yang error??
beideweih aniweih busweih tenkyu yaa say ;)

 

At 6:42 AM, Blogger yan fikri wijaya

kreeenzzz bgt pengalaman'y!!!!

 


Get awesome blog templates like this one from BlogSkins.com