Sunday, March 19, 2006
posted by chie at Sunday, March 19, 2006

Doh! ada gk sih anger management buat PMS..... abis gk enak hati, aku jadi sensitif bgt. Jadi suka rungsing sendiri. Eh tapi PMS itu dari seminggu sebelum ya? kok mood dan emosiku turun naik *gk stabil* dari seminggu sebelum ya? Wah kasian dunk ebe, gara2 PMS kelamaan, harus kelamaan juga ngadepin bete ku ;)) ebe salah ngomong dikit jadi suka ngambek *hehe maapin be*, td-nya aku gk ngerti kok setiap deket2 tgl belasan, aku jadi lebih emosi-an. Dulu sih gk mikir klo itu PMS, soalnya yang aku tau PMS itu mulai hari H-nya. ternyata bisa dari sebelumnya ya. Hmm pantesan aja, hari2 berantem ma ebe seringnya juga tgl belasan *base on my diary*. Berarti mulai sekarang ebe harus tau masa2 PMS ku nih. huehe jadi klo pas tanggal2 itu aku marah2, ya dimaklumin aja ya be :D
Sbenernya PMS bikin gk enak hati siyh. JAdi sensitif bgt. Huhu padahal kan aku orangnya cute *halah*, kan aneh tampang cute ternyata nyeremin v(^o^).

Berdasarkan situs ini :


Pre Menstruasi Syndrome atau lebih familiar disebut PMS, merupakan gejala pre-menstruasi yang dapat menyertai sebelum atau saat menstruasi.
Gejala PMS antara lain:
  1. Emosi yang labil. Anda mudah sekali uring-uringan, sensitive, dan perasaan negatif lainnya.
  2. Malas bergerak, badan terasa lemas, dan mudah lelah.
  3. Kepala terasa nyeri, kram perut, pinggang terasa pegal, bahkan mungkin sekali sampai pingsan.
  4. Nafsu makan meningkat dan menyukai makanan yang rasanya asam.
  5. Berat badan bertambah karena tubuh menyimpan air dalam jumlah yang banyak.


Apa yang bisa Anda lakukan agar tidak terus ‘tersiksa’ PMS? Berikut beberapa tip nya:

  1. Untuk mengurangi meluapnya jumlah air di dalam tubuh, kurangi mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam, seperti kentang goreng, dan kacang-kacangan.
  2. Kurangi juga makanan yang terbuat dari tepung atau yang banyak mengandung gula, kafein, dan coklat.
  3. Sebaliknya perbanyak asupan makanan yang mengandung kalsium dan vitamin C dosis tinggi, seminggu sebelum menstruasi.
  4. Perbanyak juga makan makanan yang berserat, juga air putih.
  5. Jika ternyata menstruasi Anda mengeluarkan banyak darah, jangan segan mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung zat besi agar terhindar anemia.

Sakitnya mungkin bisa diatasin dangan cara2 diatas ya, tp ngatasin marah2nya?? itu kan hal yang menyiksa juga. Karena gk cuma menyiksa diri, tapi juga menyiksa lingkungan, menyiksa pikiran :( Enaknya punya PMS? mungkin bisa jadi kambing hitam pas lagi uring2 an kali ya... ^_-

Labels:

 
2 Comments:


At 10:37 AM, Blogger : bunda dhia :

susah ya ci jadi cewek... ;))

 

At 12:12 PM, Blogger Indonesia Telecom Talk

tambah satu dong enaknya pas PMS, 'berat badannya bertambah..."


*hehehe, yg lagi pengen nggemukkin badan..."

 


Get awesome blog templates like this one from BlogSkins.com